Friday 6 February 2015

Menulis sebagai Strategi (Belajar dan Mengajar)

Menulis merupakan salah satu bentuk komunikasi. Begitu juga dalam dunia pendidikan. Salah satu bentuk komunikasi guru dengan siswa adalah melalui tulisan. Dengan menulis diharapkan komunikasi antara guru dengan siswa akan berjalan dengan baik, tertata dan lebih terarah.
Menulis sebagai Strategi Belajar dan Mengajar, hal ini dimaksudkan dalam kaitannya strategi mengajar yang diterapkan oleh guru dalam rangka mendukung proses belajar siswa. Banyak hal yang bisa dilakukan guru dalam rangka strategi mengajar melalui menulis, misalnya melalui proses berikut :

1. Menulis dalam kaitannya dengan apersepsi atau materi prasyarat

Sebelum guru memulai suatu bab atau materi baru, ada baiknya guru membiasakan melatih siswa untuk menuliskan hal-hal yang telah diketahuinya, atau telah dipelajarinya pada bab-bab sebelumnya. Selain merangsang otak atau daya ingat siswa tentang materi yang telah dipelajarinya, melalui tulisan siswa guru dapat mengetahui sejauh mana materi prasyarat yang sudah dipelajari dengan baik oleh siswa. Selain itu guru dapat memberi tugas menulis tentang hal-hal yang telah dan belum dipahami dalam materi prasyarat sebelum menuju materi baru. Dengan demikian guru dapat mengetahui hal-hal miskonsepsi yang dialami oleh siswa. Guru juga akan lebih mudah mengetahui dari mana harus memulai mengajar, dengan titik fokus meluruskan kembali miskonsepsi yang dialami oleh siswa.

2. Menulis dalam proses pembelajaran

Menulis dalam proses pembelajaran dapat dilakukan bersamaan dengan proses diskusi. Hasil diskusi siswa dapat dituangkan dalam bentuk tulisan agar lebih mudah dalam menuangkan gagasan, dan lebih sistematis. Setelahnya, siswa dapat menyajikan tulisan hasil pemikiran dan diskusi dalam presentasi di depan kelas. Dengan tulisan, siswa akan lebih mudah mengutarakan pendapatnya, pemikirannya, maupun sanggahannya.

3. Menulis di akhir pembelajaran

Dalam mengakhiri pembelajaran, siswa diharapkan dapat membuat suatu kesimpulan dari apa yang dipelajari hari ini. Melalui tugas menulis, siswa dapat diminta untuk menyimpulkan materi yang telah dipelajari hari ini. Hal ini dimaksdukan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa tentang materi yang baru saja dipelajari. Dalam pelajaran matematika misalnya, tugas menulis diantaranya dapat berupa menuliskan kembali pengertian suatu konsep dengan kalimat sendiri, membuat rangkuman materi topik  tertentu, menulis prosedur atau langkah-langkah dalam menyelesaikan soal,ataupun mengungkapkan kesulitan-kesulitan dalam menyelesaikan soal.

Banyak jenis strategi pembelajaran dalam kaitannya dengan "menulis" yang dapat diterapkan oleh guru. Beriku ini berberapa strategi pembelajaran yang saya kutip dari michigan.gov : Strategy CALLA, Strategy Column Notes, Strategy Compare and Contrast, Strategy Concept Definition Map, Strategy Frayer Model, Strategy GIST, Strategy Journaling, Strategy Marginal Notes, Strategy Quick Write, Strategy Response Journal dan Strategy Symbols, Meanings, Writing

Dalam strategi pembelajaran Math Student Self Evaluation misalnya, siswa dapat menuliskan hal-hal berikut ini :


These are two important things I learned in math today/this week/this month:

1. _____________________________________________________________________________________________

2. _____________________________________________________________________________________________



This was an easy problem for me: ____________________________________________________________________



This was a difficult problem for me: ___________________________________________________________________



I need more help with: _____________________________________________________________________________



This is how I feel about math today/this week/this month: (Circle your answer)



successful happy excited confused interested worried relaxed bored upset



This is where I got help (circle words that are true): 


a teacher a friend my parents the internet other (explain)




Contoh lain misalnya Strategy Structured Writing Guide



A structured writing guide provides structure for students as they convey their learning in an organized
manner. The writing guide includes step-by-step formatting for each paragraph as well as suggested
sentence starters. This structure supports students as they learn to write about what they are learning (Kenney, et. al., 2005)


What does it do?


• Supports students in writing an informative short essay.

• Provides a structure with hints for what to write.



How to implement:


• Determine the structure.

• Provide modeling and examples of expectations.

• Practice each part with students.

• Show student work and work with students to ‘grade’ these samples.

• Use peer editing for improvement strategies. This also supports student learning of the concept

Demikian sedikit paparan saya mengenai menulis sebagai strategi belajar dan mengajar. Untuk hasil yang maksimal menulis perlu dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan dalam rangka mendukung proses dan hasil belajar.
 

0 komentar:

Post a Comment