Tuesday 26 August 2014

Antara Jawa dan Luar Jawa

Mirip judul lagu yaakk.. "Antara Anyer dan Jakarta" :) hm, masih dalam rangka galau cpns, tiba-tiba saya ingin membandingkan beberapa hal antara jawa dan luar jawa. Pengen meng'list kelebihan dan kekurangan masing2. semoga bisa menjadi pertimbangan sy untuk menganbil keputusan dalam satu minggu ini -___-"

taken from http://dani-sains.blogspot.com

JAWA

Jawa, begitu banyak kenangan tertinggal. tidak terhitung dengan jari. bahkan kadang memory otakpun tidak sanggup mengingat detail setiap lembaran kehidupan saya yang terlewati disini. sy lahir di jawa, 26 tahun silam. besar di jawa. seluruh keluarga saya (kecuali pak dhe yang di riau) semua tinggal di jawa. saya mengenyam pendidikan sejak tk sampai perguruan tinggi, sampai memperoleh gelar profesi juga di jawa. saya menikah juga di jawa. semua kehidupan keluarga kami, kami lalui di jawa. Sangat mudah hidup di jawa. mencari apa apa mudah. Mall, tempat rekreasi, pendidikan, dll semuanya lengkap di jawa. hanya saja beberapa kota besar di jawa, harus membayar mahal dengan "kemacetan" dimana-mana. Pun dengan birokrasi di jawa yang kadang terasa lebih sulit. Hidup di jawa mudah, tapi tidak "murah" juga dalam beberapa hal. Di jawa penduduknya sudah sangat padat. tidak berbanding lurus dengan lapangan pekerjaan yang tersedia. Apalagi untuk menjadi "pegawai negeri" harus bersaing dengan puluhan juta pesaing. Belum lagi otak pintarpun kadang tidak cukup, karna dikalahkan dengan mereka yang punya uang. yup, politik uang. entahlah, meski pemerintah berujar "penerimaan cpns bersih" sy masih belum percaya 100%. Di jawa, mungkin lebih enak untuk berwirausaha, karna banyak penduduk yang bersifat konsumtif. Itupun dengan syarat kita punya cukup modal untuk berwirausaha. gag sekedar modal uang, tapi juga modal mental. mental untuk siap sukses dan siap terjatuh. Untuk hal satu ini, sy gag bisa bilang "mudah" mencarinya di jawa. tergantung skil masing-masing. Yah.. apapun itu, karena seluruh keluarga sy di jawa, karna sy bermimpi akan membangun keluarga bahagya di jawa, karna sy menggantungkan banyak mimpi dan harapan di jawa, karena semua itu, saya mencintai jawa bagaimanapun jawa dengan segenap kelebihan dan kekurangannya :)

LUAR JAWA

Luar jawa, tidak banyak yang bisa saya gambarkan. Saya hanya pernah hidup satu tahun di luar jawa, tepatnya di ende nusa tenggara timur. meski hanya satu tahun, ende berhasil membuat sy jatuh cinta. cinta dengan alamnya, cinta dengan keanekaragamannya, bahkan sy juga mengenal suami sy pertama kali juga di luar jawa ini. sy akui, luar jawa alamnya sungguh indah, sungguh luar biasa. alam yang jarang ditemui di jawa. Budaya yang beranekaragam dan masih begitu alami menjadi kekayaan sendiri pulau2 di luar jawa. Luar jawa "sungguh kaya" sebenarnya. sayang jauhnya dari pusat pemerintahan, terbatasnya kemudahan transportasi, kadang membuat luar jawa dalam beberapa hal menjadi mahal. khususnya untuk biaya hidup. tetapi, dalam hal pekerjaan, dengan posisi sy sekarang, menjadi pns disana tentu peluangnya lebih besar. hm... untuk traveling, luar jawa tentu sangat pantas dan menantang untuk dipilih, tetapi untuk menggantungkan hidup disana, untuk menempatkan mimpi mimpi sy disana, saya masih harus seratus kali berpikir ulang.

Inilah jawa dan luar jawa dalam versi saya. tidak banyak yang bisa saya tulis. hanya ungkapan kegalauan sy akhir-akhir ini :p

0 komentar:

Post a Comment